Sponsored Link

19 Agustus 2009

Mengenal Internet

1. Definisi Internet
Kata Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Internet adalah sebuah sistem komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Berbagai jenis komputer dengan spesifikasi yang berbeda-beda dapat saling berkomunikasi melalui internet.
2. Sejarah Internet
Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui ARPA merintis sebuah sistem jaringan yang disebut ARPANET. ARPANET inilah yang merupakan cikal bakal dari internet. Pada tahun 1980-an, internet mulai digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat. Pada awalnya, informasi yang bisa diperoleh melalui internet hanyalah informasi yang berbasis teks. Tapi mulai tahun 1990, layanan berbasis tampilan grafis yaitu World Wide Web ( WWW ) mulai dikembangkan. Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.

3. Apa Saja yang Dapat Dilakukan dengan Internet ?
Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan internet. Hal-hal yang umum dilakukan melalui internet antara lain :

a. Browsing
Yaitu kegiatan ‘berselancar’ di internet. Kegiatan ini dapat diibaratkan layaknya berjalan-jalan di sebuah mall atau supermarket sambil melihat-lihat barang yang didagangkan, tanpa membeli apapun.

b. Searching
Yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Data atau informasi yang dimaksud dapat berupa file, gambar, suara, berita dan lain-lain.

c. Download
Yaitu proses mengambil file dari komputer lain ke komputer kita melalui internet.

d. Upload.
Yaitu kegiatan meletakkan file dari komputer kita ke komputer lain melalui internet.

e. E-Mail
Melalui internet kita dapat saling berkirim E-Mail (Elektronic Mail) atau surat elektronik.

f. Mailing List
Mailing List merupakan salah satu fasilitas untuk berdiskusi melalui e-mail. Dengan Mailing List, ketika kita mengirim sebuah e-mail, maka e-mail tersebut akan di kirim ke seluruh anggota Mailing List.

g. Chatting
Yaitu kegiatan “ngobrol” atau berkomunikasi dengan orang lain melalui internet secara online. Apabila komputer kita saling dilengkapi webcam, maka kita dapat saling melihat orang yang sedang chatting.

h. Web Blog
Web Blog dapat disebut sebagai buku harian pribadi yang ditampilkan secara online di internet.

i. Belanja Online
Kita dapat membeli berbagai barang yang kita butuhkan tanpa harus mendatangi toko atau pabrik pembuat barang tersebut. Kita hanya perlu duduk di depan komputer, mencari produk yang diinginkan, lalu memesannya secara online melalui internet.

0 komentar: