Sponsored Link

19 Agustus 2009

K3 Dalam Penggunaan TIK

Komputer merupakan media yang sarat dengan informasi. Penggunaan komputer dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita. Pengguna komputer kadang-kadang berada di depan komputer berjam-jam bahkan bisa berhari-hari. Hal ini mungkin disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau karena hobinya di bidang komputer. Penggunaan komputer dalam jangka waktu lama kadang menimbulkan gangguan kesehatan seperti mata lelah, badan pegal-pegal, leher kaku dan sebagainya. Gangguan kesehatan ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan kita dalam mengoperasikan komputer, dan efektifitas kerja kita menjadi terganggu. Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di depan komputer, maka perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :1. Posisi duduk.
Posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yang ideal dan bersandar. Kursi yang ideal bisa berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya. Tempat duduk yang tidak nyaman apalagi tidak bersandaran dapat mengakibat-kan kelelahan pada punggung. Keluhan nyeri punggung paling sering timbul karena posisi duduk yang tidak benar.

2. Posisi Mata.
Posisi mata terhadap layar harus lurus. Tidak terlalu tinggi atau rendah. Tidak terlalu menunduk atau menengadah. Jika posisi mata lebih tinggi atau lebih rendah, maka leher menjadi cepat lelah. Layar yang digunakan sebaiknya layar yang rendah radiasi, seperti layar jenis LCD. Jika menggunakan layar jenis CRT, sebaiknya disetel tidak terlalu terang. Penyetelan yang terlalu terang dapat mengganggu penglihatan mata sehingga lama-kelamaan menjadi rabun. Untuk menghindari kerusakan mata, sebaiknya gunakan juga kaca filter anti radiasi.


3. Posisi Tangan.
Tangan paling banyak digunakan dibanding anggota tubuh yang lain. Maka posisi tangan pada keyboard harus dibuat senyaman mungkin sehingga tangan tidak cepat lelah. Jangkauan tangan dengan keyboard dan mouse pointer tidak terlalu menyulitkan. Kebanyakan orang merasa nyaman jika posisi siku berada sedikit di atas posisi keyboard. Gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik. Disamping itu, sebaiknya pilihlah tuts keyboard yang lembut. Tuts keyboard yang terlalu keras menyebabkan ujung-ujung jari cepat terasa sakit.

4. Posisi Kaki.
Posisi kaki yang baik pada saat duduk adalah telapak kaki dapat menapak di lantai dengan kuat dan nyaman. Sediakan ruangan yang cukup untuk kaki agar dapat bergerak cukup leluasa di bawah meja kerja. Sesekali luruskan kaki agar peredaran darah kembali lancar. Jika perlu, berjalanlah sebentar.

Setelah kita tahu bagaimana posisi yang benar di depan komputer, maka yang perlu diperhatikan berikutnya adalah bagaimana kita memperlakukan komputer. Komputer juga harus diperlakukan dengan baik supaya komputer yang kita gunakan tidak cepat rusak. Komputer harus diletakkan di tempat yang aman. Yang pertama aman dari jangkauan anak-anak, karena anak-anak tidak tahu bagian yang sensitif dari komputer sehingga kadang-kadang mereka menghidupkan dan mematikan komputer semaunya sendiri, tidak menggunakan prosedur yang benar. Disamping itu, kabel komputer cukup banyak, sehingga jika jauh dari jangkauan anak-anak, bahaya arus listrik dapat dihindari. Yang kedua, aman dari jangkauan api. Api dapat mengakibatkan kebakaran dan dapat menyebabkan hardware menjadi rusak. Yang ketiga adalah aman dari percikan air, baik itu air hujan maupun air dari sumber lain. Komputer dalam beroperasi menggunakan arus listrik. Jika ada percikan air walaupun sedikit, dapat mengakibatkan korsleting sehingga hardware terbakar.
Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menggunakan komputer. Setiap pemakaian komputer selalu diawali dengan memasang stop kontak untuk power supply, kemudian menghidupkan power. Stop kontak yang digunakan sebaiknya yang mantap, tidak goyang, sehingga arus listrik tidak terganggu. Sesudah stop kontak dipasang, maka dilanjutkan dengan menekan tombol ON / OFF pada komputer. Hal ini dikenal sebagai booting dingin (cold booting). Tunggu sampai proses booting selesai. Jika semua sudah siap, maka komputer akan meanmpilkan dekstop. Jika dekstop sudah siap, klik tombol START pada bagian bawah kiri layar untuk memulai memgoperasikan program komputer. Berikut ini contoh langkah awal menjalankan program Microsoft Word:
[1] klik tombol Start.
[2] pilih All Program
[3] klik Microsoft Word
Tunggu beberapa saat sampai muncul lembar kerja Microsoft Word.
Jika kita telah selesai bekerja dan akan mematikan komputer, maka harus melalui prosedur yang benar. Berikut contoh mematikan komputer sesuai prosedur yang benar :
[1] tutup semua program yang sedang dibuka
[2] dari dekstop klik tombol Start
[3] klik Turn Off Computer
[4] klik Turn Off, tunggu beberapa saat sampai CPU mati sendiri
[5] tekan tombol power pada monitor
Mematikan komputer dengan prosedur yang tidak benar dapat mengakibatkan software pada komputer menjadi rusak, sehingga pada pemakaian berikutnya menjadi terganggu, bahkan kadang sampai harus diinstal ulang. Bila dalam operasionalkomputer mengalami gangguan, kadang-kadang sampai hang maka kita harus melakukan restart ulang dengan cara menekan tombol CTRL, ALT dan DEL pada keyboard secara bersamaan. Proses ini biasa dikenal dengan booting panas atau warm booting.

0 komentar: